Sabtu, 28 November 2009

RPP AQIDAH AKHLAK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata pelajaran                         : Aqidah Akhlak
Kelas / semester                       : VII / Ganjil
Pertemuan                                : Ke – 1
Alokasi waktu                          : 6 x 40 menit
Standar kompetensi                  : Memahami sifat – sifat wajib bagi Allah, mustahil dan jaiz                          bagi Allah SWT.
Kompetensi dasar                     : Menjelaskan pengertian sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi     Allah SWT.
Indikator                                  : a.    Siswa menyebutkan sifat – sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah.
b.      Siswa mengklasifikasikan sifat wajib Allah yang nafsiah,    salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
   c.   Siswa membaca ayat – ayat Al-Quran yang berkaitan dengan sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah.
I. Tujuan Pembelajaran             : Siswa mampu memahami sifat – sifat wajib, mustahil dan      jaiz bagi Allah.
II. Materi ajar                           : Sifat – sifat Allah.
III. Metode pembelajaran         : a.  Tanya jawab
                                                  b.  Diskusi kelompok
                                           c.  Ceramah
IV. Langkah Pembelajaran        :
a.       Pendahuluan
-         Guru – siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmalah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
-         Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak.
-         Secara bersama membaca materi tentang sifat – sifat Allah 5 – 10 menit.
-         Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
  1. Kegiatan inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :
(i) Eksplorasi
-         Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang sifat Allah guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Contohnya : sebutkan pengertian sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah.
-         Siapakah diantara kalian yang sudah hafal sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah ?
-         Guru meminta siswa untuk membaca dalil yang berkaitan dengan sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah.

(ii) Konsolidasi Pembelajaran
-         Guru menunjuk seorang siswa yang sudah hafal sifat – sifat Allah.
-         Setelah para siswa membaca secara klasikal, guru menunjuk siswa untuk mengelompokkan sifat nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah yang wajib dan mustahil bagi Allah.

  1. Penutup
-         Guru meminta agar para siswa sekali lagi untuk membaca sifat – sifat Allah.
-         Guru meminta agar para siswa rajin menghafal sifat – sifat Allah SWT.
-         Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca Hamdalah/ doa.
-         Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
V. Alat dan sumber belajar :
  1. Buku Aqidah Akhlak kelas VII
  2. Al-Qur’an dan terjemahannya

VI. Penilaian

                               LEMBAR PENILAIAN

No

Butir – butir soal

Kunci jawaban


1





2

Sebutkan pengertian sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah ?




Klasifikasikan sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.



- Sifat wajib bagi Allah adalah sifat yang pasti dimiliki oleh Allah.
- Sifat mustahil adalah sifat yang tidak mungkin ada pada zat Allah.
- Sifat jaiz adalah boleh menciptakan dan tidak menciptakan makhluk.

-   Sifat nafsiyah ada satu yaitu wujud
- Sifat salbiyah ada lima yaitu qidam, baqa’, mukhalafatuhu lil hawadits, qiyamuhu binafsih, wahdaniyah
-  Sifat ma’ani ada tujuh yaitu qudrat, irdat, ilmu, hayat, sama, bashar dan kalam
- sifat ma’nawiyah ada tujuh yaitu qadirun, muridan, aliman, hayyan, sami’an, bashiran dan mutakalliman.

 




Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata Pelajaran             : Aqidah akhlak
Kelas / semester                       : VII / Ganjil
Waktu                                      : 6 x 40 menit
Standar Kompetensi     : Memahami sifat – sifat wajib, mustahil dn jaiz bagi Allah
Kompetensi dasar         : Menunjukan ciri – ciri orang yang beriman terhadap sifat – sifat  wajib Allah
Materi pokok               : Ciri – ciri orang yang beriman terhadap sifat wajib Allah.
Indikator                      : 1. Menyebutkan sifat – sifat orang yang beriman terhadap sifat     wajib Allah.
                                      2. Membaca dalil tentang ciri – ciri orang yang beriman terhadap sifat – sifat wajib Allah.

Kegiatan belajar mengajar
a. Pendahuluan
    - Guru dan siswa bersama – sama memulai pelajaran degan basmalah dan berdo’a
    - Semua siswa bersama – sama membaca materi tentang ciri – ciri orang yang beriman terhadap sifat – sifat wajib Allah SWT selama 5 – 10 menit
- Guru menjelaskan secara singkat tentang materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasar yang akan dicapai

b. Kegiatan Inti
(i) Eksplorasi
     - Pembagian kelompok diskusi
-Membuat resume tentang ciri – ciri orang yang beriman terhadap sifat – sifat wajib Allah.

(ii) Konsolidasi Pembelajaran
- Masing – masing kelompok menyampaikan hasil diskusi dan kelompok yang lain menanggapi
- Menyimpulkan materi pokok

c. Penutup
- Guru menanyakan ciri–ciri orang yang akan beriman kepada sifat – sifat Allah yang wajib.
-  Guru menganjurkan agr siswa mengamalkan sifat – sifat orang ynag beriman kepad sifat – sifat wajib Allah (ikhlas dan syukur dan sabar)
- Guru mengajak siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdalah.

d. Sumber dan bahan
a.       Buku pelajaran Aqidah akhlak kelas VII
b.      Al – qur’an dan terjemahannya

LEMBAR PENILAIAN

No

Butir – butir soal

Kunci jawaban

1




2



Sebutkan ciri – ciri orang yang beriman terhadap sifat – sifat wajib Allah





Sebutkan dalil tentang ciri – ciri orang yang beriman terhadap sifat – sifat wajib Allah

1. Ciri – ciri orang beriman terhadap sifat – sifat wajib Allah SWT :
- Bersyukur apabila mendapat nikmat.
- Bersabar bila mendapat musibah
- Ikhlas, mengerjakan amal ibadah semata – mata karena Allah SWT.

2. – Dalil tentang perintah bersyukur : Q.S Ibrahim ayat : 7


Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,




E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,




JUJUN JUNAEDI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata Pelajaran                         : Aqidah Akhlak
Kelas / semester                       : VII / Ganjil
Waktu                                      : 6 x 40 menit
Standar kompetensi      : Menerapkan akhlak terpuji kepada Allah
Kompetensi dasar       : Menjelaskan pengertian bertauhid, khauf, taubat, tawadhu beserta dalil
Materi pokok               : Akhlak terpuji kepada Allah
Indikator                      :- Menjelaskan pengertian bertauhid, khauf, taubat, tawadhu
                                     - Menjelaskan nilai sikap berakhlak terpuji terhadap Allah

Kegiatan Belajar Mengajar
a. Pendahuluan
    - Guru dan siswa bersama – sama menilai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdo’a.
- Semua siswa membaca dan mengamati materi tentang akhlak terpuji terhadap Allah selama 5 – 10 menit
- Guru menjelaskan secara singkat tentang materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan antara lain :
(i) Eksplorasi
- Pembelajaran kelompok diskusi
- Masing – masing kelompok membuat resume tentang akhlak terpuji kepada Allah

(ii) Konsolidasi Pembelajaran
- Masing – masing kelompok menyampaikan hasil resume / diskusi dan kelompok lain menanggapi.
- Mengadakan Tanya jawab
- Menyimpulkan materi pokok
c. Penutup
- Sebagai post test guru menanyakan tentang akhlak terpuji kepada Allah.
- Guru menganjurkan agar siswa mengamalkan akhlak terpuji terhadap Allah.
- Guru bersama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdalah
d. Sumber dan Bahan
- Buku pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII
- Al – Quran dan terjemahannya
LEMBAR PENILAIAN

No

Butir – butir soal

Kunci jawaban

1.
Jelaskan pengertian
a. Tauhid
b. Khauf
c. Taubat
d. Tawadhu
a. Bertauhid adalah meyakini bahwa Allah maha esa dan tidak ada sesuatu baginya.
b. Khauf adalah taat atau patuh dalam mengikuti segala yang diperintahkan Allah SWT dan menjauhi segala larangannya.
c. Taubat adalah memohon ampunan kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan
d. Tawadhu adalah orang yang rendah hati / tidak sombong
 
Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata Pelajaran             : Aqidah Akhlak
Kelas / semester                       : VII / Ganjil
Waktu                                      : 8 x 40 menit
Standar Kompetensi     : Menghindari akhlak tercela terhadap Allh
Kompetensi Dasar        : Menjelaskan tentang akhlak tercela terhadap Allah
Materi pokok               : Akhlak tercela terhadap Allah
Indikator                      : - Menjelaskan pengertian : Riya, kufur, musyrik dan nifaq
                                      - Menjelaskan sikap menghindari akhlak tercela

Kegiatan Belajar Mengajar
a. Pendahuluan
- Guru dan siswa bersama – sama menilai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdo’a
- Semua siswa membaca materi tentang akhlak tercela terhadap Allah selama 5 – 10 menit.
- Guru menjelaskan tentang materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasar yang akan dicapai

b. Kegiatan inti
Dalam kegiatan inti guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan antara lain :
(i) Eksplorasi
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
- Setiap kelompok maksimal 6 orang
- Masing – masing kelompok membuat resume tentang akhlak tercela terhadap Allah.
(ii) Konsolidasi Pembelajaran
- Masing – masing kelompok mempresentasikan hasil resumenya dan kelompok lain menanggapi.
- Mengadakan Tanya - jawab
- Menyimpulkan materi pokok
c. Penutup
- Guru menanyakan tentang akhlak tercel terhadap Allah
- Guru mengingatkan agar siswa selalu menjauhi akhlak tercela
- Guru bersama siswa menutup kegiatan belajar mengajar dengan membaca hamdalah
d. Sumber dan bahan
- Buku Aqidah Akhlak kelas VII
- Al – Qr’an dan terjemahannya
LEMBAR PENILAIAN

No

Butir – butir soal

Kunci jawaban

1
Jelaskan Pengertian :
a. Riya
b. Kufur
c. Musyrik
d. Nifaq
a.   Riya adalah beramal baik karena ingin memperoleh pujian dari orang lain
b.   Kufur adalah menolak kebenaran dari allah SWT dan rasul – Nya.
c.   Musyrik adalah menyekutukan Allah Allah SWT dengan yang lain
d.   Nifaq adalah berpura – pura menjadi orang Islam, tetapi sebenarnya hatinya kafir



Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata Pelajaran             : Aqidah Akhlak
Kelas / semester                       : VII / Genap
Waktu                                      : 6 x 40 menit
Standar kompetensi      : Meyakini adanya malaikat – malaikat Allah SWT.
Kompetensi dasar         : Menjelaskan tentang malaikat, tugas – tugas malaikat beserta dalil
Materi pokok               : Iman kepada malaikat beserta dalil naqlinya
Indikator                      : 1. Menjelaskan pengertian Iman kepada malaikat
                                      2. Menyebutkan nama – nama dan tugas – tugas malaikat
                                      3. Membaca dan menterjemahkan dalil tentang adanya malaikat

Kegiatan Belajar Mengejar
a. Pendahuluan 
- Guru bersama siswa memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdo’a.
- Secara bersama – sama siswa membaca dan mengamati materi tentang Iman kepada malaikat.
- Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari beserta kompetensi dasar yang akan dicapai.

b. Kegiatan inti
Dalam kegiatan inti guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :
(i) Eksplorasi
- Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang iman kepada malaikat, guru mengajukan beberapa pertanyaan.
- Beberapa orang siswa maju ke depan menjelaskan tentang pengertian tentang malaikat.
- Menyebutkan nama -  nama malaikat beserta tugas masing – masing.

(ii) Konsolidasi Pembelajaran
- Guru menyuruh beberapa orang siswa yang sudah hafal nama – nama malaikat beserta tugas – tugas masing - masing
- Setelah para siswa membaca secara klasikal guru menyuruh siswa menyebutkan sifat malaikat yang patut diteladani.

c. Penutup
- Guru menyuruh beberapa orang siswa sekali lagi menyebutkan nama – nama malaikat beserta tugas masing – masing.
- Guru menganjurkan agar siswa menghafal nama – nama malaikat, tugas – tugas mlaikat beserta dalil naqlinya.
- Guru bersama siswa mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah
d. Sumber dan bahan
- Buku pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII
- Al – Qur’an dan terjemahannya

LEMBAR PENILAIAN

No

Butir – butir soal

Kunci jawaban

1




2
Jelaskan pengertian Iman kepada malaikat



Sebutkan nama – nama malaikat beserta tugas masing - masing
- Iman kepada malaikat adalah memepercayai dan meyakini dengan sepenuh hati adanya makhluk Allah yang bernama malaikat yang diciptakan dari nur - (cahaya)

- Nama – nama malaikat beserta tugas masing – masing.
1.   Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu kepada para rasul dan nabi
2.   Malaikat Mikail bertugas membagikan hujan dan rizki kepada semua makhluk
3.   Malaikat Israil bertugas bertugas mencabut nyawa semua mkhluk
4.   Malaikat Israfil bertugas meniup sangkakala di hari kiamat
5.   Malaikat Raqib bertugas mencatat amal baik manusia
6.   Malaikat Atid bertugas mencatat amal buruk manusia
7.   Malaikat Munkar dan Nakir bertugas menanyai manusia yang sudah meninggal di dalam kubur
9. Malaikat Maliq bertugas menjaga pintu surga
10.  Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu neraka




Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata Pelaksaan                        : Aqidah Akhlak
Kelas / semester                       : VII / Genap
Waktu                                      : 2 x 40 menit
Standar kompetensi      : Menyakini adanya malaikat – malaikat Allah
Kompetensi dasar         : 3.4. meneladani sifat taat malaikat kepada Allah
Materi pokok               : Sifat – sifat malaikat
Indikator                      : - Menyebutkan sifat – sifat malaikat yang patut diteladani
                                      - Menjelaskan hikmah beriman kepada malaikat

Kegiatan Belajar Mengajar
a. Pendahuluan
- Guru bersama siswa memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdo’a.
- Siswa membaca dan mengamati materi tentang sifat – sifat malaikat.
- Guru menjelaskan tentang materi yang akan dipelajari beserta kompetensi dasar yang akan dicapai.

b. Kegiatan inti
Dalam kegiatan inti guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan.
(i) Eksplorasi
- Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang sifat – sifat malaikat guru mengajukan beberapa pertanyaan.
- Beberapa siswa maju ke depan menjelaskan tentang sifat – sifat malaikat

(ii) konsolidasi Pembelajaran
- Beberapa siswa mengajukan pertanyaan dan yang lainmenjawab
- Menyimpulkan materi pokok

c. Penutup
- Guru menanyakan tentang sifat – sifat malaikat beserta hikmah beriman kepada malaikat.
- Guru mengingatkan agar siswa selalu mencontoh ketaan malaikat kepada Allah
- Guru bersama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdalah
d. Sumber dan bahan
- Buku Aqidah Akhlak kelas VII
- Al – qur’an dan terjemahannya
LEMBAR PENILAIAN

No

Butir – butir soal

Kunci jawaban

1




2
Sebutkan sifat – sifat malaikat yang patut diteladani


Jelaskan hikmah beriman kepada malaikat
a. Selalu patuh dan taat kepada Allah
b. Melaksanakan semua perintah dan menjauhi semua larangannya
c. Selalu bertasbih dan memuji Allah

a. Berusaha mencontoh sifat – sifat malaikat
b. selalu berhati – hati dalam berbuat karena merasa selalu diawasi oleh malaikat
c. Meneguhkan pendirian dan membangkitkan keberanian, karena yakin bahwa akan ada pelindung dan penolong

Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

        Madrasah               : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata Pelajaran                : AQidah Akhlak
Kelas / semester              : VII / Genap
Waktu                             : 8 x 40 menit
Standar Kompetensi        : Meyakini adanya makhluk ghaib selain malaikat
Kompetensi dasar            : Menjelaskan tentang alam jasmani dan rohani
Materi pokok                  : Alam jasmani dan alam rohani
Indikator                         : - Menjelaskan pengertian alam jasmani dan alam rohani
- Mengklasifikasikan makhluk alam jasmani dan alam   rohani
Kegiatan Belajar Mengajar
a.       Pendahuluan
- Guru dan siswa memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdo’a
- Semua siswa membaca dan mengamati materi tentang alam jasmani dan alam rohani selama 5 – 10 menit
- Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasar yang akan dicapai
b.      Kegiatan inti
Dalam kegiatan inti siswa melakukan beberapa kegiatan
(i) Eksplorasi
-         Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
-         Setiap kelompok maksimal 6 orang
-         Masing – masing kelompok membuat resume tentang alam jasmani dan alam rohani
(ii) Konsolidasi Pembelajaran
-         setiap kelompok diskusi mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
-         Mengadakan Tanya – jawab
-         Menyimpulkan materi pokok
c. Penutup
-         Guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang alam jasmani dan alam rohani
-         Guru bersama – sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdalah
d. Sumber dan bahan
-         Buku pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII
-         Al – Quran dan terjemahannya

LEMBAR PENILAIAN

No

Butir – butir soal

Kunci jawaban

1




2
Jelaskan pengertian alam jasmani dan alam rohani



Klasifikasikan makhluk alam jasmani dan makhluk alam rohani
a. Alam jasmani adalah alam yang dapat ditangkap oleh panca indera, dapat dilihat, di dengar diraba dan dirasakan
b. Alam rohani adalah alam yang tidak dapat ditangkap oleh panca indera manusia.
a. Makhluk alam jasmani seperti : batu, air dan udara.
b. Makhluk alam rohani seperti : malaikat, jin, iblis / syaitan

Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata Pelajaran                         : Aqidah Akhlak
Kelas / semester                       : VII / Genap
Waktu                                      : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi     : Meyakini adanya makhluk selain malaikat
Kompetensi dasar         : Menjelaskan tentang jin, iblis / syaitan
Materi pokok               : Makhluk alam rohani
Indikator                      : Menjelaskan jin kafir dan jin Islam menjelaskan pengertian iblis /    syaitan menjelaskan antara jin dan iblis

Kegiatan Belajar Mengajar
a. Pendahuluan
- Guru bersama – sama siswa memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdo’a
- Semua siswa mengamati materi tentang makhluk alam rohani
-   Guru menjelaskan secara singkat tentang materi yang akan dipelajari beserta kompetensi dasar yang akan dicapai

b. Kegiatan inti
Dalam kegiatan inti guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :
(i) Eksplorasi
- Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang makhluk alam ghaib. Guru mengajukan beberapa pertanyaan
- Beberapa siswa maju ke depan untuk menjelaskan tentang makhluk alam rohani

(ii) Konsolidasi pembelajaran
- Guru menyuruh beberapa siswa sekali lagi menjelaskan tentang makhluk alam rohani
- Mengadakan Tanya jawab
- Menyimpulkan materi pokok

c. Penutup
- Guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang alam rohani
- Menyuruh beberapa iswa membaca dalil naqli tentang makhluk alam rohani
- Guru bersama siswa mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah

d. Sumber dan bahan
- Buku pelajaran aqidah akhlak kelas VII
- Al – Qur’an dan terjemahannya
LEMBAR PENILAIAN

No

Butir – butir soal

Kunci jawaban

1





2
Jelaskan pengertian jin





Jelaskan pengertian iblis / syaitan
Jin adalah sejenis makhluk rohani yang diciptakan dari api. Terdiri dari laki – laki dan perempuan, mempunyai nafsu dan akal serta disyariatkan kepada mereka syariat Islam yang dibuat Nabi Muhammad SAW. sebagaimana manusia.

Iblis adalah makhluk Allah yang diciptakan dari api, sejenis jin, iblis semuanya durhaka kepada Allah

Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata Pelajaran             : Aqidah Akhlak
Kelas / semester                       : VII / Genap
Waktu                                      : 8 x 40 menit
Standar kompetensi      : Meneladani sifat dan perilaku kehidupan sahabat
Kompetensi dasar         : Menjelaskan perilaku dan nilai – nilai yang dapat diteladani dan          keluarga Yasir dan Bilal
Materi pokok               : Kisah – kisah teladan
Indikator                      : - Menyebutkan perilaku keluarga Yasir dan Bilal
                                      - Menjelaskan nilai – nilai yang patut iteladani dari keluarga Yasir      dan Bilal
Kegiatan Belajar Mengajar
a. Pendahuluan
- Guru dan siswa bersama – sama memulai pelajaran dengan membaca basmalah
- Semua siswa membaca dan mengamati materi tentang kisah teladan keluarga Yasir dan Bilal
- Guru menjelaskan tentang materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasar yang akan dicapai
b. Kegiatan inti
Dalam kegiatan inti guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan antara lain :
(i) Eksplorasi
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
- Masing – masing kelompok membuat resume tentang kisah teladan keluarga Yasir dan Bilal
(ii) Konsolidasi Pembelajaran
- Masing – masing kelompok mempresentasikan hasil resumenya dan kelompok lain menanggapi.
- Mengadakan Tanya jawab.
- Menyampaikan materi pokok
c. Penutup
- Guru menyuruh beberapa siswa menceritakan kembali kisah keluarga Yasir dan Bilal.
- Guru mengingatkan agar siswa mencontoh keteguhan iman sahabat Yasir dan Bilal.
- Guru bersama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdalah.

d. Sumber dan bahan
- Buku pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII
- Al – Qur’an dan terjemahannya
LEMBAR PENILAIAN

No

Butir – butir soal

Kunci jawaban

1






2
Jelaskan hikmah / pelajaran yang dapat diambil dari kisah keluarga Yasir dan Bilal bin Rabbah.


Sebutkan contoh sifat ulama Umar bin Khattab yang patut kita contoh
1. Keberaniannya dalam membela Islam. Seorang pemberani hanya takut kepada Allah semata
2. Semangat berdakwahnya. Hanya dengan berdakwah nilai ajaran Islam dapat tersebar kepada segenap manusia
3. Dapat mencontoh kesabarannya dalam menghadapi ujian
1. Keadilannya dalam menyelesaikan masalah
2. Keberaniannya dalam menegakkan kebenaran sehingga beliau diberi gelar Al - faruq

Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

     Madrasah                  : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata pelajaran                   : Aqidah Akhlak
Kelas / semester                 : VIII / Ganjil
Waktu                                : 2 X 40 Menit
Standar kompetensi              : Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT
Kompetensi dasar        : 1.1. menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah  SWT.
Indikator :
  • Beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.
  • Menjelaskan arti iman kepada kitab-kitab Allah SWT.
  • Menunjukkan perbedaan kitab dan suhuf.
  • Menjelaskan fungsi iman kepada kitab-kitab Allah SWT.

Kegiatan Belajar mengajar
a.       Pendahuluan
·        Guru dan siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·        Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak.
·        Secara bersama membaca materi tentang kitab-kitab Allah SWT selama 5-10 menit.
·        Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b.      Kegiatan inti
(i)      Eksplorasi
·        Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang kitab-kitab Allah SWT. Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Contoh : Jelaskan arti iman kepada kitab-kitab Allah SWT.
·        Siapakah diantara kalian yang dapat membedakan suhuf dan kitab Allah SWT.
·        Guru meminta siswa untuk membaca dalil yang berkaitan dengan kitab dan suhuf  (Al-A’la ayat ; 18-19).

(ii)    Konsolidasi Pembelajaran
·        Guru menunjuk seorang siswa yang dapat mengartikan iman kepada kitab-kitab Allah SWT.
·        Setelah para siswa membaca secara klasikal, guru menunjuk siswa untuk membedakan antara suhuf dengan kitab dan dikuatkan dalil ayat Al Quran.

c.       Penutup
·        Guru meminta para siswa mengulang membaca iman kepada kitab-kitab Allah SWT.
·        Guru meminta para siswa memahami iman kepada kitab-kitab Allah SWT.
·        Guru mengakhiri/menutup pelajaran dengan membaca hamdallah/doa.
·        Guru mengucapkan salam kepada siswa, sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
d.      Sumber dan bahan
·        Buku Aqidah Akhlak
·        Al Quran dan terjemahan

Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

     Madrasah                  : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata Pelajaran                   : Aqidah Akhlak
Kelas / semester                 : VIII / Ganjil
Waktu                                : 2 X 40 Menit
Standar kompetensi              : Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah   SWT
Kompentensi dasar    : 1.2. Menunjukan nama-nama kitab Allah SWT yang diturunkan kepada Rasul-Nya.
Indikator:
  • Siswa dapat menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT beserta Rasul yang menerimanya.
  • Siswa dapat melafalkan dalil-dalil yang berhubungan dengan kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al Quran.

Metode :
  • Tanya jawab
  • Diskusi kelompok
  • Ceramah

Kegiatan Belajar mengajar
a.       Pendahuluan
·        Guru dan siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmallah, kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·        Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak.
·        Secara bersama membaca materi tentang kitab-kitab Allah SWT selama 5-10 Menit.
·        Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan kompetensi dasar yang akan dicapai.\
b.      Kegiatan inti
(i)      Ekplorasi
·        Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tetang kitab-kitab Allah SWT. Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Contoh : Sebutkan nama-nama kitab yang diturunkanAllah SWT, beserta Rasul yang menerimanya.
·        Siapa diantara kalian yang hafal nama-nama kitab Allah SWT.
·        Guru meminta siswa membaca dalil yang berhubungan dengan kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al Quran.
·        Guru meminta siswa menjelaskan secara singkat isi kandungan kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al Quran.
(ii)    Konsolidasi Pembelajaran
·        Guru menunjuk siswa yang sudah hafal nama-nama kitab-kitab Al Quran.
·        Guru memerintah siswa menulis dalil-dalil tentang kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al Quran.
·        Setelah para siswa membaca secara klasikal, Guru menugaskan siswa membuat rangkuman tentang kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al Quran.
c.       Penutup
·        Guru meminta agar siswa membaca ulang nama-nama kitab-kitab Allah SWT dan Rasul yang menerimanya.
·        Guru meminta agar siswa giat menghafalkan nama-nama kitab Allah SWT beserta dalilnya dan isi kandungannya.
·        Guru mengakhiri/menutup pelajaran tersebut dengan membaca hamdallah/doa.
·        Guru mengucapkan salam kepada para siswa, sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

d.      Sumber dan bahan
·        Buku Aqidah Akhlak kelas VIII.
·        Al Quran dan terjemahan.
·        Kitab injil barnabas.

Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

     Madrasah                  : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata Pelajaran                   : Aqidah akhlak
Kelas / semester                 : VIII / Ganjil
Waktu                                : 2 X40 Menit
Standar kompetensi           : Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT
Kompetensi dasar          : 1.3. menampilkan sikap mencintai Al-quran sebagai kitab Allah SWT
Indikator :
·        Siswa dapat memiliki dan berprilaku mencintai Al-quran sebagai kitab Allah SWT.
·        Siswa dapat menyebutkan cara beriman kepada Al-quran.

Kegiatan Belajar mengajar
1. Pendahuluan
·        Guru siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmallah, kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·        Secara bersama-sama membaca materi tentang kitab-kitab Allah SWT.
·        Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

2. Kegiatan inti
(i)      Eksplorasi
·        Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang prilaku mencintai Al Quran sebagai kitab-kitab Allah SWT.
·        Siapa diantara kalian yang dapat menyebutkan prilaku orang yang mencintai Al Quran.
·        Guru meminta siswa menyebutkan tiga cara beriman kepada Al Quran.

(ii)    Konsolidasi Pembelajaran
·        Guru menunjuk siswa yang sudah hafal cara beriman kepada Al Quran.
·        Setelah para siswa membaca secara klasikal, guru menunjuk siswa untuk menyebutkan sikap dan perilaku orang yang berpedoman pada Al Quran.
3. Penutup
·        Guru meminta agar para siswa mengulang membaca kitab-kitab Allah SWT.
·        Guru miminta siswa rajin menghafal kitab-kitab Allah SWT.
·        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca Hamdallah/doa.
·        Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

3.      Sumber dan bahan
·        Buku Aqidah Akhlak kelas VIII.
·        Al Quran dan terjemahan.


Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

     Madrasah                  : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata Pelajaran                   : Aqidah akhlak
Kelas / semester                 : VIII / Ganjil
Waktu                                : 2 X 40 Menit
Standar kompetensi            : Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah SWT.
Kompetensi dasar               : 2.1.Menjelaskan pengertian beriman kepada Allah SWT .
Indikator :
  • Menjelaskan arti iman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
  • Menjelaskan perbedaan antara Nabi dan Rasul.
  • Menunjukkan sifat-sifat yang harus dimiliki oleh Rasul dan yang tidak harus ada pada Rasul dan yang boleh ada pada diri Rasul.

Kegiatan Belajar mengajar
a.       Pendahuluan
·        Guru dan siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmallah dan berdoa sebelum memulai pelajaran.
·        Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak
·        Secara bersama membaca materi tentang iman kepada Rasul Allah SWT selam 5-10 Menit.
·        Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.      Kegiatan inti
(i)      Eksplorasi
·        Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang sifat-sifat Rasul. Guru mengawali dengan mengajukan pertanyaan. Contoh : Sebutkan pengertian iman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
·        Siswa diminta oleh guru membaca dalil yang berhubungan dengan iman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
·        Guru meminta siswa menunjukkan sifat-sifat yang harus dimiliki Rasul, yang tidak boleh ada pada Rasul dan boleh ada pada Rasul.
(ii)    Konsolidasi Pembelajaran
·        Guru menunjukkan seorang siswa untuk mengartikan iman kepada Rasul Allah SWT.
·        Setelah para siswa membaca secara klasikal, guru menunjukan siswa untuk menuliskan dalil tentang iman kepada Rasul Allah SWT serta arti sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Rasul Allah SWT.
c.       Penutup
·        Guru meminta agar siswa mengulangi membaca iman kepada Rasul Allah SWT.
·        Guru meminta siswa rajin membaca buku yang berhubungan dengan Rasul-rasul Allah SWT.
·        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca Hamdallah/doa.
·        Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar dan siswa menjawab salam.
d.      Sumber dan bahan
·        Buku Aqidah Akhlak kelas VIII.
·        Al Quran dan terjemahan.

Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

     Madrasah                  : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata Pelajaran                   : Aqidah akhlak
Kelas / semester                 : VIII / Ganjil
Waktu                                : 2 X 40 Menit
Standar kompetensi              : Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah SWT.
Kompetensi dasar               : 2.2.Menunjukkan nama-nama Rasul yang wajib diketahui.
Indikator    :
  • Menyebutkan nama-nama Rasul Allah yang wajib diketahui.
  • Menjelaskan hikmah beriman kepada Rasul Allah.
  • Menyebutkan Rasul yang menerima suhuf dan kitab.
Kegiatan Belajar mengajar
a.       Pendahuluan
·        Guru-siswa memberi salam dan memulai pelajaaran dengan mengucapkan Basmalah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·        Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak.
·        Secara bersama membaca materi tentang keimanan kepada Rasul Allah 5-10 menit.
·        Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b.      Kegiatan inti
(i)      Eksplorasi
·        Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang sifat-sifat Rasul. Guru mengawali dengan mengajukan pertanyaan. Contoh : Sebutkan nama-nama Rasul yang wajib kita imani dan diketahui.
·        Siswa diminta oleh guru menjelaskan fungsi beriman kepada Rasul Allah.
·        Siswa diminta guru menyebutkan Rasul yang menerima suhuf dan kitab.
(ii)    Konsolidasi Pembelajaran
·        Guru meminta seorang murid menyebutkan 25 nama Rasul yang wajib diketahui dan diimani.
·        Guru menunjukan seorang siswa menceritakan kisah salah seorang Rasul Allah.
·        Guru menunjuk siswa menyebutkan nama Rasul yang menerima suhuf dan yang menerima kitab.
c.       Penutup
·        Guru meminta agar siswa menghafal nama-nama Rasul yang wajib diketahui dan diimani.
·        Guru meminta  siswa rajin membaca buku yang menceritakan tentang Rasul-rasul Allah SWT.
·        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca Hamdallah/doa.
·        Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
d.      Sumber dan bahan
·        Buku Aqidah Akhlak kelas VIII
·        Al Quran dan terjemahan
·        Kisah 25 Rasul Allah

Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata Pelajaran             : Aqidah akhlak
Kelas / semester                       : VIII / Ganjil
Waktu                                      : 2 X 40 Menit
Standar kompetensi                  : Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah SWT.
Kompetensi dasar                     : 2.3.Menjelaskan sifat-sifat wajib bagi Rasul Allah.
Indikator                                  :
·        Menjelaskan pengertian sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz bagi Rasul.
·        Menyebutkan sifat-sifat wajib yang dimiliki Rasul. Sifat Mustahil dan Sifat Jaiz bagi Rasul dan menunjukkan dalil tentang Sifat Wajib Rasul.

Kegiatan Belajar mengajar
a.       Pendahuluan
·        Guru-siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmalah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·        Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak.
·        Secara bersama membaca materi tentang keimanan kepada Rasul Allah 5-10 menit.
·        Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.      Kegiatan inti
1)      Eksplorasi
·        Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang sifat-sifat wajib Rasul Allah. Guru mengawali dengan mengajukan pertanyaan. Contoh : Sebutkan Sifat-sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz bagi Rasul Allah.
·        Siapa diantara kalian yang sudah hafal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz bagi Rasul Allah.
·        Siswa diminta guru untuk membaca dalil yang berkaitan dengan Sifat Wajib bagi Rasul Allah.
.
2)      Konsolidasi Pembelajaran
·        Guru menunjuk seorang siswa yang sudah hafal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz bagi Rasul Allah SWT.
·        Setelah para siswa membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan dalil Sifat Wajib, Sifat Mustahi dan Sifat Jaiz bagi Rasul Allah.
e.       Penutup
·        Guru meminta agar para siswa sekali lagi untuk membaca sifat-sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz bagi Rasul Allah..
·        Guru menyarankan agar para siswa rajin mengulang pelajaran tentang Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz bagi Rasul Allah.
·        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca Hamdallah/doa.
·        Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

f.        Sumber dan bahan
·        Buku Aqidah Akhlak
·        Al Quran dan terjemahan


Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata Pelajaran             : Aqidah akhlak
Kelas / semester                       : VIII / Ganjil
Waktu                                      : 2 X 40 Menit
Standar kompetensi                  : Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah SWT.
Kompetensi dasar                     : 2.4. Meneladani sifat-sifat wajib Rasul Allah.
Materi pokok                           : Iman kepada para Rasul Allah
Indikator :
·        Mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari Sifat-sifat Wajub bagi Rasul

Kegiatan Belajar mengajar
a.       Pendahuluan
·        Guru-siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmalah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·        Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak.
·        Secara bersama membaca materi tentang meneladani Sifat Wajib Rasul Allah 5-10 menit.
·        Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b.      Kegiatan inti
1)      Eksplorasi
·        Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang Sifat Wajib bagi Rasul. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok, meminta para siswa mendiskusikan di depan kelas secara bergantian.
·        Amalkan dalam kehidupan sehari-hari sifat Sidiq, Amanah, Fathanah, Tabligh sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasul Allah.
2)      Konsolidasi Pembelajaran
·        Guru meminta seorang siswa mendemonstrasikan contoh Sifat Sidiq, Amanah, Fathanah dan Tabligh.
·        Guru meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi Sifat Sidiq, Amanah, Fathanah dan Tabligh.

c.       Penutup
·        Guru meminta agar siswa mengamalkan Sifat Sidiq, Amanah, Fathanah dan Tabligh sesuai dengan tuntunan Rasul dalam kehidupan sehari-hari.
·        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca Hamdallah/doa.
·        Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

d.      Sumber dan bahan
·        Buku Aqidah Akhlak
·        Al Quran dan terjemahan





Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata pelajaran                         : Aqidah Akhlak
Kelas /semester                        : VIII /Ganjil
Waktu                                      : 2  x 40 menit
Standar kompetensi                  : Memahami mukjizat  dan kejadian luar biasa  lainnya.
Kompetensi dasar                     : 3.1. Menjelaskan pengertian mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (Karamah, Maunah, Irhas).
Materi pokok                           :  Mukjizat Allah SWT.
Indikator
1.      Menyebutkan pengertian Mukjizat, Karamah, Maunah dan Irhas.
2.      Menunjukkan dalil/firman Allah tentang mukjizat yang diturunkan Allah SWT.
Kegiatan belajar mengajar
a.       Pendahuluan
·        Guru-siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah, kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·        Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlaq.
·        Secara bersama membaca materi tentang mukjizat Allah SWT selama 5 – 10 menit.
·        Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b.      Kegiatan inti
(i)      Eksplorasi
·        Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang Mukjizat Allah, guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Contoh : Sebutkan arti mukjizat, karamah, maunah, irhas ?
·        Berikan contoh mukjizat, Karamah, Maunah dan Irhas !
·        Guru meminta siswa untuk membaca dalil yang berkaitan dengan Mukjizat, Karamah, Maunah, Irhas.
(ii)    Konsolidasi pembelajaran
·        Guru menunjuk seorang siswa yang sudah mengerti arti  Mukjizat, Karamah, Maunah dan Irhas.
·        Setelah siswa membaca secara klasikal  guru menunjuk seorang siswa memberikan contoh tentang Mukjizat, Karamah, Maunah dan Irhas beserta dalilnya.
c.       Penutup
  • Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca mukjizat Allah SWT, Karamah, Maunah dan Irhas
  • Guru meminta siswa rajin mengulangi pelajaran tentang  mukjizat Allah SWT.
  • Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca Hamdalah/doa.
  • Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas, dan siswa menjawab salam.

d.      Sumber dan bahan
  • Buku Aqidah Akhlak kelas VIII
  • Al-Qur’an dan terjemahan.


Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata pelajaran                         :  Aqidah Akhlak
Kelas/semester             :  VIII /ganjil
Waktu                                      :  2 x 40 menit
Standar kompetensi                  : Memahami mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya. Kompetensi dasar                        : 3.2. Menunjukkan contoh mukjizat yang diberikan   kepada para rasul-Nya
Materi pokok                           :  Mukjizat Allah Swt
Indikator  :  
·        Menyebutkan contoh mukjizat yang diberikan pada  para Rasul, seperti : Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Isa AS dan Nabi Muhammad SAW.
·        Menunjukkan dalil tentang mukjizat yang diberikan kepada rasulnya.

Kegiatan belajar mengajar :
a.       Pendahuluan
  • Guru–siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah, kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
  • Siswa menyiapkan buku Aqidah akhlak
  • Secara bersama membaca materi tentang contoh-contoh mukjizat yang diberikan pada Rasul Allah SWT, serta dalil yang berhubungan dengan Mukjizat Allah, selama 5 – 10 menit.
  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.      Kegiatan inti
(i)      Eksplorasi
·        Untuk mengetahui sejauhmana pengetahuan siswa tentang contoh mukjizat  Allah,guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Contoh : tunjukkan contoh mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Isa AS dan Nabi Muhammad SAW.
·        Tuliskan dalil yang berhubungan dengan Mukjizat Nabi-nabi tersebut.
·        Guru meminta siswa untuk membaca dalil yang berkaitan dengan Mukjizat Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Isa AS dan Nabi Muhammad SAW.
(ii)    Konsolidasi Pembelajaran
·        Guru menunjuk seorang siswa yang sudah mengerti tentang mukjizat, siswa menunjukkan mukjizat Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Isa AS dan Nabi Muhammad SAW beserta dalilnya.

c.       Penutup
  • Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca contoh Mukjizat Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Isa AS dan Nabi Muhammad SAW. Beserta dalilnya dan mengulangnya di rumah.
  • Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca Hamdalah/doa.
  • Guru mengucapkan salam kepad para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

d.      Sumber dan bahan
  • Buku Aqidah Akhlak kelas VIII
  • Al-qur’an dan terjemahan

                                                        
Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata pelajaran                         : Aqidah Akhlak
Kelas / semester                       : VIII / Ganjil
Waktu                                      : 2 X 40 Menit
Standar kompetensi                  : Memahami Mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya.
Kompetensi dasar                     : 3.3. Menunjukkan persamaan dan perbedaan Karamah, Maunah dan Irhas.
Materi pokok                                       : Mukjizat Allah SWT
Indikator :
·        Menyebutkan persamaan dan perbedaan antara Karamah, Maunah dan Irhas.
·        Menjelaskan manfaat Karamah, Maunah dan Irhas bagi orang yang menerimanya.

Kegiatan Belajar mengajar
a.       Pendahuluan
·        Guru dan siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·        Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak.
·        Secara bersama membaca materi tentang kitab-kitab Allah SWT selama 5-10 menit.
·        Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.      Kegiatan inti
1)      Eksplorasi
·        Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang persamaan dan perbedaan Karamah, Maunah dan Irhas. Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Contoh : sebutkan persamaan dan perbedaan Karamah, Maunah dan Irhas.
·        Siapakah diantara kalian yang mengetahui tentang manfaat Karamah, Maunah dan Irhas bagi orang yang menerimanya.

2)      Konsolidasi Pembelajaran
·        Guru meminta siswa untuk dapat mempresentasikan hasil diskusi kelompok, sesuai dengan kelompok masing-masing.
·        Kelompok lain boleh bertanya kepada kelompok yang sedang mempresentasikan jika ada penjelasan yang kurang dipahami.
·        Guru memberikan masukan untuk menyempurnakan hasil diskusi dan presentasi.

c.       Penutup
·        Guru meminta para siswa mengulang kembali pelajaran yang sudah diberikan tentang persamaan dan perbedaan Karamah, Maunah dan Irhas.
·        Guru mengakhiri/menutup pelajaran dengan membaca Hamdallah/doa.
·        Guru mengucapkan salam kepada siswa, sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

d.      Sumber dan bahan
·        Buku Aqidah Akhlak
·        Al Quran dan terjemahan

Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata pelajaran                         : Aqidah Akhlak
Kelas / semester                       : VIII / Ganjil
Waktu                                      : 2 X 40 Menit
Standar kompetensi                  : Memahami perilaku kehidupan Nabi Muhammad SAW.
Kompetensi dasar        : 4.1. Menjelaskan kisah Nabi Muhammad SAW.
Materi pokok                           : Akhlak Nabi Muhammad SAW.
Indikator :
·        Menjelaskan riwayat singkat peri kehidupan Nabi Muhammad SAW.
·        Menjelaskan pengertian akhlak Nabi Muhammad SAW beserta dalilnya.

Kegiatan Belajar mengajar
a.       Pendahuluan
·        Guru dan siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·        Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak.
·        Secara bersama membaca materi tentang kitab-kitab Allah SWT selama 5-10 menit.
·        Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.      Kegiatan inti
1)      Eksplorasi
·        Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang riwayat singkat peri kehidupan Nabi Muhammad SAW. Guru mengawali dengan mengajukan pertanyaan, Contoh : siapa yang dapat menceritakan riwayat Nabi Muhammad SAW ?
·        Guru meminta siswa membaca dalil yang berhubungan dengan akhlak Nabi Muhammad SAW.

2)      Konsolidasi Pembelajaran
·        Guru menunjuk seorang siswa yang dapat menceritakan riwayat singkat peri kehidupan Nabi Muhammad SAW.
·        Setelah para siswa membaca secara klasikal, guru menunjuk siswa yang akan menjelaskan arti akhlak Nabi Muhammad SAW beserta dalilnya, Surat Al Ahzab ayat 21 dan HR ahmad dan Baihaqi.

c.       Penutup
·        Guru meminta para siswa memahami dan mengerti kisah hidup Nabi Muhammmad SAW dan arti akhlak serta dalil Al Qur’an yang berkaitan dengan akhlak Rasulullah SAW.
·        Guru mengakhiri/menutup pelajaran dengan membaca Hamdallah/doa.
·        Guru mengucapkan salam kepada siswa, sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

d.      Sumber dan bahan
·        Buku Aqidah Akhlak
·        Al Quran dan terjemahan
·        Buku peri kehidupan Nabi Muhammad SAW (Rasulullah SAW).

Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata pelajaran                         : Aqidah Akhlak
Kelas / semester                       : VIII / Ganjil
Waktu                                      : 2 X 40 Menit
Standar kompetensi                  : Memahami perilaku kehidupan Nabi Muhammad SAW.
Kompetensi dasar                     : 4.2. Menunjukkan sifat-sifat utama Nabi Muhammad SAW yang patut diteladani.
Materi pokok                           :  Akhlak Nabi Muhammad SAW.
Indikator :
·        Menyebutkan akhlak terpuji yang dimiliki Nabi Muhammad SAW.
·        Menunjukkan dalil bahwa akhlak Nabi Muhammad SAW adalah Al Qur’an.
·        Mengidentifikasi beberapa akhlak Nabi Muhammad SAW dalam Al Qur’an.
·        Memberi contoh perbuatan sebagai orang yang meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan Belajar mengajar
a.       Pendahuluan
·        Guru dan siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·        Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak.
·        Secara bersama membaca materi tentang kitab-kitab Allah SWT selama 5-10 menit.
·        Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b.      Kegiatan inti
1)      Eksplorasi
·        Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang contoh akhlak terpuji yang dimiliki Nabi Muhammad SAW. Guru mengajukan pertanyaan. Contoh :Sebutkan sifat-sifat terpuji yang dimiliki Rasulullah..
·        Siapakah yang dapat melafalkan dalil bahwa akhlak Nabi Muhammad SAW adalah Al Qur’an.
·        Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi akhlak Nabi Muhammad dalam Al Qur’an.
·        Guru meminta siswa memberi contoh perbuatan sebagai orang yang meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW.
2)  Konsolidasi Pembelajaran
·        Guru menunjuk salah seorang siswa untuk menyebutkan sifat-sifat terpuji yang dimiliki Nabi  Muhammad SAW.
·        Guru meminta salah seorang siswa melafalkan dalil tentang Al Qur’an sebagai akhlak Nabi Muhammad SAW.
·        Setelah para siswa membaca secara klasikal, guru menunjuk siswa untuk mengidentifikasi akhlak Nabi Muhammad dalam Al Qur’an dan meminta siswa mendemonstrasikan contoh perbuatan/sikap orang yang meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW.

c.       Penutup
·        Guru meminta agar siswa sekali lagi membaca tentang akhlak terpuji yang dimiliki Nabi Muhammad SAW.
·        Guru meminta agar siswa dapat bersikap dan berperilaku dengan meneladani sifat terpuji yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.
·        Guru mengakhiri/menutup pelajaran tersebut dengan membaca hamdallah/doa.
·        Guru mengucapkan salam kepada siswa, sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
d.      Sumber dan bahan
·        Buku Aqidah Akhlak kelas VIII
·        Al Quran dan terjemahan


Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata pelajaran                         : Aqidah Akhlak
Kelas / semester                       : VIII / Genap
Waktu                                      : 2 X 40 Menit
Standar kompetensi                  : Menerapkan perilaku terpuji pada diri sendiri.
Kompetensi dasar                     : 5.1. Menjelaskan macam-macam perilaku terpuji pada diri sendiri.
Materi pokok                           : Akhlak terpuji terhadap diri sendiri dan kehidupan bersama.
Indikator :
·        Menjelaskan pengertian akhlak terpuji.
·        Menunjukkan ciri-ciri orang yang berakhlak terpuji..
·        Menunjukkandalil naqli dan aqli akhlak terpuji.

Kegiatan Belajar mengajar
a.       Pendahuluan
·        Guru dan siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·        Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak.
·        Secara bersama membaca materi tentang kitab-kitab Allah SWT selama 5-10 menit.
·        Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b.      Kegiatan inti
1) Eksplorasi
·        Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang akhlak. Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Contoh : Jelaskan arti akhlak terpuji.
·        Siapakah diantara kalian yang dapat menunjukkan ciri-ciri orang yang berakhlak terpuji.
·        Guru meminta siswa untuk membaca dalil yang berhubungan dengan akhlak terpuji.
2) Konsolidasi Pembelajaran
·        Guru menunjuk seorang siswa untuk menjelaskan arti akhlak terpuji.
·        Setelah para siswa membaca secara klasikal, guru menunjuk siswa untuk mengelompokkan akhlak terpuji (inovatif, kreatif, produktif, kooperatif, kompetitif, percaya diri, tekad yang tinggi, sustainability, komunikatif, ekspresif).
·        Menuliskan dalil naqli tentang sifat terpuji.

c.       Penutup
·        Guru meminta agar para siswa sekali lagi untuk membaca akhlak terpuji.
·        Guru meminta siswa agar menghapal ciri-ciri orang yang berakhlak terpuji dan dalil naqlinya.
·        Guru mengakhiri/menutup pelajaran dengan membaca hamdallah/doa.
·        Guru mengucapkan salam kepada siswa, sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
d.      Sumber dan bahan
·        Buku Aqidah Akhlak kelas VIII
·        Al Quran dan terjemahan

Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata pelajaran                         : Aqidah Akhlak
Kelas / semester                       : VIII / Genap
Waktu                                      : 4 X 40 Menit
Standar kompetensi                  : Menghindari perilaku tercela pada diri sendiri.
Kompetensi dasar                     : 6.1. Menjelaskan tentang perilaku tercela pada diri sendiri.
Materi pokok                           : Akhlak tercela.
Indikator :
·        Menyebutkan arti akhlak tercela.
·        Melafalkan dalil tentang akhlak tercela.

Kegiatan Belajar mengajar
a.       Pendahuluan
·        Guru dan siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·        Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak.
·        Secara bersama membaca materi tentang kitab-kitab Allah SWT selama 5-10 menit.
·        Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b.      Kegiatan inti
1) Eksplorasi
·        Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang sifat tercela, guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Contoh : Sebutkan arti akhlak tercela (Mazmumah).
·        Siapakah diantara kalian yang tahu arti pasif, rendah diri dan tidak punya pendirian.
·        Guru meminta siswa untuk membaca dalil yang berkaitan dengan sifat tercela.

2) Konsolidasi Pembelajaran
·        Guru menunjuk seorang siswa yang dapat mengartikan sifat-sifat tercela tentang pasif, rendah diri dan tidak punya pendirian.
·        Setelah para siswa membaca secara klasikal, guru menunjuk siswa untuk menuliskan dalil naqli tentang sifat tercela.

c.       Penutup
·        Guru meminta agar para siswa sekali lagi untuk membaca sifat-sifat tercela.
·        Guru meminta siswa rajin mengulang pelajaran tentang akhlak tercela.
·        Guru mengakhiri/menutup pelajaran dengan membaca hamdallah/doa.
·        Guru mengucapkan salam kepada siswa, sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

d.      Sumber dan bahan
·        Buku Aqidah Akhlak
·        Al Quran dan terjemahan


Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata pelajaran                         : Aqidah Akhlak
Kelas / semester                       : VIII / Genap
Waktu                                      : 2 X 40 Menit
Standar kompetensi                  : Menghindari perilaku tercela pada diri sendiri.
Kompetensi dasar                     : Menjelaskan ciri-ciri perilaku tercela pada diri sendiri.
Materi pokok                           : Akhlak tercela.
Indikator :
·        Menunjukkan ciri-ciri akhlak tercela.
·        Menunjukkan dalil aqli dan naqli tentang akhlak tercela.
·        Menyebutkan akibat yang ditimbulkan akibat akhlak tercela.

Kegiatan Belajar mengajar
a.       Pendahuluan
·        Guru dan siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·        Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak.
·        Secara bersama membaca materi tentang kitab-kitab Allah SWT selama 5-10 menit.
·        Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b.      Kegiatan inti
1) Eksplorasi
·        Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang ciri-ciri akhlak tercela, guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Contoh : Sebutkan ciri-ciri akhlak tercela.
·        Siapakah diantara kalian yang dapat menyebutkan dalil tentang sifat tercela.
·        Guru meminta siswa untukmenyebutkan akibat yang ditimbulkan oleh akhlak tercela.

2) Konsolidasi Pembelajaran
·        Guru menunjuk siswa yang dapat menyebutkan ciri-ciri sifat tercela, beserta dalilnya.
·        Setelah para siswa membaca secara klasikal, guru menunjuk siswa untuk menyebutkan akibat yang ditimbulkan oleh akhlak tercela.

c.       Penutup
·        Guru meminta agar para siswa sekali lagi untuk membaca ciri-ciri akhlak tercela.
·        Guru meminta siswa rajin mengulang pelajaran tentang akhlak tercela.
·        Guru mengakhiri/menutup pelajaran dengan membaca hamdallah/doa.
·        Guru mengucapkan salam kepada siswa, sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

d.      Sumber dan bahan
·        Buku Aqidah Akhlak
·        Al Quran dan terjemahan


Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata pelajaran                         : Aqidah Akhlak
Kelas / semester                       : VIII / Genap
Waktu                                      : 2 X 40 Menit
Standar kompetensi                  : Menghindari perilaku tercela pada diri sendiri.
Kompetensi dasar                     : Terbiasa menjauhi akhlak tercela.
Materi pokok                           : Akhlak tercela.
Indikator :
·        Menyebutkan cara menghindarkan diri dari sifat tercela.

Kegiatan Belajar mengajar
a.       Pendahuluan
·        Guru dan siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·        Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak.
·        Secara bersama membaca materi tentang kitab-kitab Allah SWT selama 5-10 menit.
·        Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b.      Kegiatan inti
1) Eksplorasi
·        Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang cara menjauh dari akhlak tercela, guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Contoh : Sebutkan cara-cara menghindarkan diri dari akklak tercela.
·        Siapakah diantara kalian yang dapat menyebutkan dalil tentang sifat tercela.
·        Guru meminta siswa untukmenyebutkan akibat yang ditimbulkan oleh akhlak tercela.
2) Konsolidasi Pembelajaran
·        Guru menunjuk siswa yang dapat menyebutkan ciri-ciri sifat tercela, beserta dalilnya.
·        Setelah para siswa membaca secara klasikal, guru menunjuk siswa untuk menyebutkan cara untuk menghindarkan diri dari akhlak yang tercela.

c.       Penutup
·        Guru meminta agar para siswa sekali lagi untuk membaca tentang cara menjauhi akhlak tercela.
·        Guru meminta siswa rajin mengulang pelajaran tentang akhlak tercela.
·        Guru mengakhiri/menutup pelajaran dengan membaca hamdallah/doa.
·        Guru mengucapkan salam kepada siswa, sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

d.      Sumber dan bahan
·        Buku Aqidah Akhlak
·        Al Quran dan terjemahan



Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata pelajaran                         : Aqidah Akhlak
Kelas / semester                       : VIII / Genap
Waktu                                      : 2 X 40 Menit
Standar kompetensi                  : Memahami sifat-sifat Rasul Ulul Azmi.
Kompetensi dasar                     : Menjelaskan pengertian Ulul Azmi.
Materi pokok                           : Rasul Ulul Azmi.
Indikator :
·        Menyebutkan arti dari Rasul Ulul Azmi.
·        Menunjukkan dalil tentang Rasul Ulul Azmi.
·        Menyebutkan hikmah dari kisah Rasul Ulul Azmi.

Kegiatan Belajar mengajar
a.       Pendahuluan
·        Guru dan siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·        Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak.
·        Secara bersama membaca materi tentang kitab-kitab Allah SWT selama 5-10 menit.
·        Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b.      Kegiatan inti
1) Eksplorasi
·        Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang Rasul Ulul Azmi, guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan : Sebutkan arti dari Ulul Azmi ?
·        Siapakah diantara kalian yang sudah menyebutkan hikmah dari kisah Rasul Ulul Azmi ?
·        Guru meminta siswa membaca dalil yang berkaitan dengan Rasul Ulul Azmi.

2) Konsolidasi Pembelajaran
·        Guru menunjuk seorang siswa yang dapat menyebutkan arti Ulul Azmi dan hikmah kisah dari Rasul Ulul Azmi.
·        Setelah para siswa membaca secara klasikal, guru meminta siswa menuliskan dalil tentang Ulul Azmi.

c.       Penutup
·        Guru meminta agar para siswa sekali lagi untuk membaca tentang Rasul Ulul Azmi
·        Guru meminta siswa rajin mengulang pelajaran tentang hikmah dari kisah Rasul Ulul Azmi.
·        Guru mengakhiri/menutup pelajaran dengan membaca hamdallah/doa.
·        Guru mengucapkan salam kepada siswa, sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

d.      Sumber dan bahan
·        Buku Aqidah Akhlak
·        Al Quran dan terjemahan


Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata pelajaran                         : Aqidah Akhlak
Kelas / semester                       : VIII / Genap
Waktu                                      : 2 X 40 Menit
Standar kompetensi                  : Memahami sifat-sifat Rasul Ulul Azmi.
Kompetensi dasar                     : Menunjukkan nama-nama Rasul Ulul Azmi.
Materi pokok                           : Rasul Ulul Azmi.
Indikator :
·        Menyebutkan nama-nama Rasul yang memperoleh julukan Ulul Azmi.
·        Menyebutkan hikmah beriman kepada Rasul Ulul Azmi.

Kegiatan Belajar mengajar
a.       Pendahuluan
·        Guru dan siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·        Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak.
·        Secara bersama membaca materi tentang kitab-kitab Allah SWT selama 5-10 menit.
·        Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b.      Kegiatan inti
1) Eksplorasi
·        Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang nama-nama Rasul Ulul Azmi, guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Contoh : Sebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi.
·        Siapakah diantara kalian yang dapat menyebutkan hikmah beriman kepada Rasul Ulul Azmi.

2) Konsolidasi Pembelajaran
·        Guru menunjuk siswa yang dapat menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi
·        Setelah para siswa membaca secara klasikal, guru menunjuk siswa untuk menyebutkan hikmah beriman kepada Rasul Ulul Azmi.

c.       Penutup
·        Guru meminta agar para siswa sekali lagi untuk membaca nama-nama Rasul Ulul Azmi dan hikmah beriman kepada Rasul Ulul Azmi.
·        Guru meminta siswa rajin mengulang pelajaran tentang Rasul Ulul Azmi.
·        Guru mengakhiri/menutup pelajaran dengan membaca hamdallah/doa.
·        Guru mengucapkan salam kepada siswa, sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

d.      Sumber dan bahan
·        Buku Aqidah Akhlak
·        Al Quran dan terjemahan


Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                       : Jamiyyatul Muta’alimin
Mata pelajaran                         : Aqidah Akhlak
Kelas / semester                       : VIII / Genap
Waktu                                      : 2 X 40 Menit
Standar kompetensi                  : Memahami sifat-sifat Rasul Ulul Azmi.
Kompetensi dasar                     : Menjelaskan sifat-sifat Rasul Ulul Azmi.
Materi pokok                           : Rasul Ulul Azmi.
Indikator :
·        Menyebutkan sifat-sifat Rasul yang memperoleh julukan Ulul Azmi.

Kegiatan Belajar mengajar
a.       Pendahuluan
·        Guru dan siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·        Siswa menyiapkan buku Aqidah Akhlak.
·        Secara bersama membaca materi tentang kitab-kitab Allah SWT selama 5-10 menit.
·        Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b.      Kegiatan inti
1) Eksplorasi
·        Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang Rasul Ulul Azmi, guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Contoh : Sebutkan sifat-sifat Rasul yang di beri gelar Ulul Azmi.
·        Siapakah diantara kalian yang dapat menyebutkan dalil tentang sifat Rasul Ulul Azmi.



2) Konsolidasi Pembelajaran
·        Guru menunjuk siswa yang sudah hafal sifat-sifat Rasul Ulu Azmi
·        Setelah para siswa membaca secara klasikal, guru menunjuk siswa untuk menyebutkan Sifat-sifat Rasul Ulul Azmi.


c.       Penutup
·        Guru meminta agar para siswa sekali lagi untuk membaca tentang Sifat-sifat Ulul Azmi.
·        Guru meminta siswa rajin mengulang pelajaran tentang Sifat-sifat Ulul Azmi.
·        Guru mengakhiri/menutup pelajaran dengan membaca hamdallah/doa.
·        Guru mengucapkan salam kepada siswa, sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

d.      Sumber dan bahan
·        Buku Aqidah Akhlak
·        Al Quran dan terjemahan

VI. PENILAIAN

LEMBAR PENILAIAN I

No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Sebutkan pengertian Iman kepada Kitab-kitab Allah SWT ?
a.       Mengakui, mempercayai dan meyakini bahwa Allah SWT menurunkan Kitab kepada para Nabi dan Rasul-Nya berisi ajaran Allah SWT untuk disampaikan kepada umat masing-masing Nabi.
2.
Sebutkan perbedaan Kitab dan Suhuf ?
a.       Kitab Allah SWT adalah kumpulan firman Allah SWT yang diwahyukan kepada Rasul-Nya dan sudah dibukukan.
b.      Suhuf adalah lembaran yang berisi kumpulan wahyu Allah SWT yang diberikan kepada rasul-Nya untuk disampaikan kepada umat manusia.
3.
Tuliskan dalil tentang perbandingan Suhuf dan Kitab ?








Artinya : Suhuf relatif lebih sedikit dari kitab, beberapa suhuf dikumpulkan menjadi sebuah kitab. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al A’la ayat 18-19.
VI. PENILAIAN


LEMBAR PENILAIAN II


No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Sebutkan nama kitab suci yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi/Rasul, serta rasul yang menerimanya ?
a.       Taurat kepada Nabi Musa AS.
b.      Zabur kepada Nabi Daud AS.
c.       Injil kepada Nabi Isa AS.
d.      Al Qur’an Kepada Nabi Muhammad SAW.
2.
Tunjukkan dalil tentang kitab Taurat yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Musa AS ?










3.
Sebutkan 4 ajaran injil Barnabas yang isinya mirip dengan kitab suci Al Qur’an ?
a.       Yesus tidak di salib, yang disalib sebenarnya adalah Yudas Iskariot yang diserupakan oleh Tuhan.
b.      Yesus bukan anak Tuhan, bukan pula Tuhan, tetapi seorang Rasul Allah SWT.
c.       Putra Ibrahim yang disembelih karena perintah Allah SWT adalah Ismail bukan Ishak.
d.      Juru Selamat atau Ratu Adil atau Al Masih yang dinanti-nantikan bukanlah Yesus tetapi Muhammad SAW, Nabi dan Rasul Terakhir.



VI. PENILAIAN


LEMBAR PENILAIAN III

No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Sebutkan 3 cara mengimani Al Qur’an ?
a.       Meyakini keberadaan ajarannya sebagai pedoman hidup manusia .
b.      Meyakini keberadaannya sebagai firman Allah SWT yang diwahyukan sepada nabi Muhammad SAW.
c.       Mengamalkan ajarannya dalam kehidupannya sehari-hari.
2.
Sebutkan sikap perilaku orang yang mencintai Al Qu’an ?
a.       Mempunyai kemantapan hati terhadap kebenaran Al Qur’an sebagai pedoman hidup.
b.      Memiliki rasa cinta terhadap Al Qur’an.
c.       Gemar membaca Al Qur’an setiap hari.
d.      Tidak rela terhadap orang yang meremehkan Al Qur’an.
e.       Rajin menghadiri pengajian yang membahas tema tentang Al Qur’an.
f.        Menjaga dan memiliki kesucian Al Qur’an.
g.       Mengumpulkan dan membakar kertas atau bahan lain bertuliskan Al Qur’an yang telah rusak agar tidak terinjak.


VI. PENILAIAN


LEMBAR PENILAIAN IV


No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Jelaskan arti iman kepada Rasul Allah SWT ?
a.       Mempercayai, meyakini, mengakui bahwa Allah mengutus manusia pilihan yang diberi amanah menyampaikan wahyu kepada manusia agar hidupnya berada di jalan yang benar.
2.
Jelaskan Perbedaan Nabi dan Rasul ?
a.       Nabi adalah manusia biasa yang dipilih oleh Allah SWT dan diberi wahyu, tetapi tidak diwajibkan menyampaikan kepada umat manusia.
b.      Rasul adalah manusia biasa yang dipilih oleh Allah SWT yang diberi wahyu dan wajib menyampaikannya kepada umat manusia.
3.
Jelaskan arti Sifat Wajib, Sifat Mustahil dan Sifat Jaiz bagi Rasul Allah ?
a.       Sifat Wajib adalah sifat yang pasti dimiliki oleh para Rasul.
b.      Sifat Mustahil adalah sifat yang tidak mungkin dimiliki oleh para Rasul.
c.       Sifat Jaiz adalah sifat yang boleh ada pada diri Rasul dan boleh pula tidak ada pada diri Rasul.

VI. PENILAIAN


LEMBAR PENILAIAN V

No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Sebutkan Rasul-rasul yang menerima Suhuf dan Kitab ?
a.       Yang menerima Suhuf :
1)     Nabi Syis AS sebanyak 50 Suhuf
2)     Nabi Idris AS sebanyak 30 Suhuf
3)     Nabi Ibrahim AS sebanyak 10 Suhuf
4)     Nabi Musa AS sebanyak 10 Suhuf
b.      Yang menerima Kitab :
1)     Nabi Musa AS : Kitab Taurat
2)     Nabi Daud AS : Kitab Zabur
3)     Nabi Isa AS : Kitab Injil
4)     Nabi Muhammad SAW : Kitab Al Qur’an
2.
Sebutkan fungsi/hikmah beriman kepada para Rasul Allah ?
a.       Memperoleh penjelasan dari Rasul tentang ayat-ayat atau tanda-tanda kebesaran Allah SWT.
b.      Jiwa menjadi bersih karena ajaran Tauhid yang dibawa oleh para Rasul sehingga kita akan terbebas dari dosa Syirik.
c.       Memperoleh pelajaran tentang Kitab Allah SWT, terutama Al Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup.
d.      Memperoleh pengajaran tentang hikmah, terutama ajaran yang dibawa oleh Rasulullah SAW.

VI. PENILAIAN


LEMBAR PENILAIAN VI

No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Sebutkan sifat-sifat wajib bagi Rasul beserta artinya ?
a.       Siddiq artinya benar.
b.      Amanah artinya dapt dipercaya.
c.       Fathanah artinya cerdas.
d.      Tabligh artinya menyampaikan.
2.
Tunjukkan dalil yang berhubungan dengan sifat Siddiq bagi Rasul Allah SWT, beserta artinya ?
a.       Dalil sifat Siddiq



b.      Arti : Mereka berkata: Celakalah Kami. Siapakah yang membangkitkan Kami dari tempat tidur Kami (kubur) inilah yang dijanjikan Allah yang Maha Pengasih dan benarlah Rasul-rasul-Nya. (Yasin;53).


VI. PENILAIAN


LEMBAR PENILAIAN VIII

No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Jelaskan arti Mukjizat, Karomah, Maunah dan Irhas ?
a.       Mukjizat: kejadian luar biasa yang terjadi pada diri Nabi atau Rasul Allah SWT, bertujuan untuk membuktikan keNabiannya.
b.      Karomah: kejadian luar biasa yang diberikan Allah SWT kepada Wali-Nya.
c.       Maunah: pertolongan yang diberikan Allah kepada siapapun yang dikehendaki-Nya, baik Wali, Nabi maupun manusia biasa.
d.      Irhas: kejadian luar biasa pada diri calon Nabi atau Rasul ketika masih kecil.
2.
Berikan contoh Mukjizat, Karamah, Maunah, Irhas ?
a.       Contoh Mukjizat: Nabi Ibrahim tidak hangus terbakar api ketika dibakar oleh Raja Namrud.
b.      Contoh Karamah: Nabi Zakaria menemukan makanan setiap hari di Mihrab Maryam Binti Imran.
c.       Contoh Maunah: Seorang nenek yang sudah sangat tua dapat menyelamatkan diri dari bahaya api sewaktu rumahnya terbakar dengan menghancurkan dinding rumahnya.
d.      Contoh Irhas: Nabi Isa AS sewaktu masih bayi dapat berbicara kepada orang yang melecehkan ibunya.
VI. PENILAIAN


LEMBAR PENILAIAN IX

No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Sebutkan contoh Mukjizat Nabi Ibrahim, Musa, Isa, Muhammad SAW ?
a.       Nabi Ibrahim AS: tidak hangus terbakar oleh api.



b.      Nabi Musa AS: tongkatnya bisa berubah menjadi ular, cahay terang yang keluar dari kedua tangannya.




c.       Nabi Isa AS: menghidupkan orang mati.







d.      Nabi Muhammad SAW: Al Qur’anul Karim.




VI. PENILAIAN


LEMBAR PENILAIAN X

No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Sebutkan persamaan dan perbedaan antara Karamah, Maunah dan Irhas ?
·        Persamaan:
a.      Sama-sama atas kehendak dari Allah SWT.
b.      Sama-sama kejadian luar biasa yang sulit diterima oleh akal.
c.      Kejadiannya sama-sama direncanakan terjadi dengan tiba-tiba, tidak bisa dipelajari dan dikalahkan.
d.      Sama-sama diberikan untuk mengatasi masalah dan menolong hamba-Nya.
·        Perbedaannya:
a.      Karamah: Dianugerahkan kepada para Wali.
b.      Manuah: Diberikan kepada semua manusia dan bersifat umum.
c.      Irhas: Dianugerahkan kepada calon Nabi atau Rasul Allah SWT.
2.
Sebutkan manfaatnya orang yang menerima Karamah, Manuah dan Irhas ?
Karamah, Manuah dan Irhas diberikan kepada hamba-hamba Allah SWT yang bertakwa dan beramal shaleh, dan pantas diteladani hidupnya.

VI. PENILAIAN

LEMBAR PENILAIAN XI

No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Jelaskan secara singkat riwayat Nabi Muhammad SAW ?
·         Nabi Muhammad SAW lahir malam hari 12 Rabiul Awal bertepatan dengan 20 April 571 Masehi. Beliau tidak sempat berjumpa dengan ayahnya Abdullah, karena telah meninggal sewaktu Beliau berada dalam kandungan ibunya Aminah.
·         Ibunya Aminah hanya dapat mengasuh Muhammad sampai berumur 6 tahun.
·         Sejak kecil sudah menjadi yatim piatu, kakeknya Abdul Muthalib hanya 2 tahun sempat mengasuhnya kemudian meninggal sewaktu Nabi Muhammad berusia 8 tahun.
·         Lalu Beliau diasuh oleh pamannya yang bernama Abu Thalib, membantu pamannya mengembala kambing.
·         Pada usia remaja sewaktu berusia 12 tahun, paman Beliau membawanya berdagang ke Syam/Palestina.
·         Pada usia 25 tahun, Beliau menikah dengan wanita kaya raya bernama Siti Khadijah Binti Khuwailid.
·         Usia 40 tahun, Beliau diangkat menjadi Rasul. Beliau diberi gelar Al Amiin yang berarti orang yang dapat dipercaya.
2.
Jelaskan arti akhlak Nabi Muhammad SAW beserta dalilnya ?
·         Akhlak Nabi Muhammad SAW, di dalam islam dikenal dengan istilah Sunah Nabi berarti perilaku dan kehidupan Nabi Muhammad SAW.
·         Sabda Rasulullah:




Artinya: Aku diutus untuk menyempurnakan Akhlak yang mulia. (HR. Ahmad dan Baihaqi)

VI. PENILAIAN

LEMBAR PENILAIAN XII


No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Sebutkan akhlak terpuji yang dimiliki Nabi Muhammad SAW ?
a.       Bergaul dengan sesama manusia.
b.      Bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan.
c.       Kesederhanaan hidup.
d.      Sikap pemaaf.
e.       Tekun beribadah.
2.
Tuliskan dalil Al Qur’an sebagai akhlak Nabi Muhammad SAW ?




Maksudnya akhlak Nabi Muhammad sesuai dengan tuntunan Al Qur’an.
3.
Sebutkan perilaku yang dapat kita teladani dari akhlak Nabi Muhammad SAW ?
a.       Bersikap tawadhuk dalam pergaulan sesama manusia tanpa membedakan pangkat dan derajat.
b.      Mengutamakan kerja keras untuk mencukupi kebutuhan sendiri dan keluarga serta tidak menggantungkan nasib kepada orang lain.
c.       Membiasakan diri hidup sederhana dalam berbagai hal sehingga dapat mensyukuri nikmat Allah SWT.
d.      Membiasakan diri memaafkan kesalahan orang lain dengan kesadaran bahwa di dunia ini tidak ada manusia yang bebas dari kesalahan.
e.       Berusaha meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT.
VI. PENILAIAN


LEMBAR PENILAIAN XIII

No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Jelaskan arti akhlak terpuji ?
Yaitu tingkah laku yang sesuai dengan ajaran islam yang berlandaskan kepada Al Qur’an dan Sunah Nabi.
2.
Sebutkan ciri-ciri orang yang berakhlak terpuji ?
a.       Suka memikirkan dan mencari cara guna untuk mencapai suatu tujuan.
b.      Berusaha menghasilkan sesuatu yang bermanfaat serta mengurangi ketergantungan kepada pihak lain.
c.       Mempunyai kemauan untuk menemukan cara baru yang lebih sesuai dengan perkembangan zaman serta membawa keberuntungan yang lebih.
d.      Memupuk rasa percaya diri dengan keberanian mencoba atau melatih menangani suatu keterampilan atau keahlian khusus.
e.       Memiliki tekad tinggi yang tercermin dalam semangatnya mencapai sesuatu yang bermanfaat.
f.        Berusaha meningkatkan kemampuan dalam suatu bidang sesuai bakat dan minat yang dimiliki.
g.       Membiasakan diri untuk selalu cermat dalam menghadapi suatu persoalan sehingga tidak terkesan tergesa-gesa.
h.       Selalu memupuk kerja sama secara baik dengan pihak-pihak terkait sehingga terwujud sikap hidup gotong royong sesama manusia.
i.         Berusaha menjalin hubungan baik sehingga terwujud kekompakkan dalam mengatasi suatu masalah.
j.        Mengutamakan mutu atau kualitas kerja sehingga produk yang dihasilkan dapat bersaing dengan produk-produk lain.
k.      Sering mengadakan evaluasi kerja guna mengetahui kekurangan dan kelebihan yang telah dicapai sehingga keseimbangan usaha dapat terwujud.
l.         Selalu memperhatikan norma-norma agama dalam berusaha sehingga tidak menyimpang dari tuntutan yang benar.
VI. PENILAIAN


LEMBAR PENILAIAN XIV

No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Jelaskan arti sifat tercela ?
Sifat tercela atau sifat mazmummah adalah sifat yang seharusnya tidak ada pada diri seorang muslim dan mukmin.
2.
Artikan sifat-sifat tercela seperti pasif, rendag diri dan tidak punya pendirian ?
a.       Pasif yaitu orang yang tidak mau berusaha dan bekerja sehingga tidak mempunyai penghasilan (malas).
b.      Rendah diri yaitu orang yang tidak berarti dalam pandangan orang lain.
c.       Tidak punya pendirian yaitu orang yang keyakinan yang dipakai untuk mempertimbangkan baik dan buruk sesuatu mudah berubah.
VI. PENILAIAN


LEMBAR PENILAIAN XV

No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Sebutkan ciri akhlak tercela ?
·        Malas bekerja
·        Tidak dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
·        Tidak suka bergaul.
·        Tidak peduli terhadap keadaan sekitar.
·        Hidupnya tidak mengalami kemajuan.
·        Kurang bersabar.
·        Ragu dalam mengerjakan sesuatu.
·        Over acting.
·        Mudah terpengaruh.
·        Tidak mempunyai cita-cita yang jelas.
·        Suka berbohong.
·        Suka merugikan orang lain.
2.
Sebutkan akibat yang ditimbulkan dari Akhlak tercela ?
·        Orang yang pasif atau malas mudah dibujuk syeitan hatinya untuk berbuatan yang tidak terpuji, misalnya mencuri dan merampok.
·        Orang yang rendah diri akhirnya menjadi orang yang putus asa atau apatis.
·        Orang yang tidak punya pendirian akan mudah terombang-ambing dengan keadaan yang tidak menentu.

VI. PENILAIAN


LEMBAR PENILAIAN XVI

No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Sebutkan cara menghindarkan diri dari sifat tercela ?
·        Memanfaatkan waktu senggang untuk berbagai kegiatan yang bermanfaat, misalnya membantu orang tua dan membaca buku.
·        Memperbanyak bergaul dengan orang yang rajin bekerja dan giat belajar.
·        Memupuk rasa percaya diri dengan mempertebal iman.
·        Menepati janji.
·        Menjaga ucapan agar sesuai dengan hati nurani.



VI. PENILAIAN


LEMBAR PENILAIAN XVII

No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Sebutkan arti dari Ulul Azmi ?
·        Yaitu Nabi atau Rasul yang memiliki tingkat kesabaran dan keuletan dalam melaksanakan dakwah ditengah-tengah kaum yang menetang keras terhadap dakwahnya.
2.
Sebutkan dalil tentang Ulul Azmi ?





3.
Sebutkan hikmah dari kisah Ulul Azmi ?
·        Memperoleh pengetahuan tentang Akhlakul Karimah yang dimiliki para Rasul Ulul Azmi baik yang berhubungan dengan Allah SWT maupun sesama manusia.
·        Memperoleh pelajaran dari perjuangan para Rasul Ulul Azmi dalam menegakkan Tauhid ditengah-tengah kehidupan umatnya.
·        Dapat menentukan sikap secara tepat berdasarkan pelajaran yang diperoleh dari Rasul Ulul Azmi dalam usaha menegakkan agama Allah SWT.

VI. PENILAIAN


LEMBAR PENILAIAN XVIII

No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Sebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi ?
·        Nabi Nuh AS
·        Nabi Ibrahim AS
·        Nabi Musa AS
·        Nabi Isa AS
·        Nabi Muhammmad SAW
2.
Ciri-ciri orang yang beriman kepada Rasul Ulul Azmi ?
·        Meyakini keberadaan Rasul Ulul Azmi dan sifat-sifatnya yang terpuji.
·        Memiliki rasa hormat kepada Rasul Ulul Azmi sebagai bukti iman kepada mereka.
·        Bersikap sabar dan tabah dalam menghadapi resiko, sebagaimana kesabaran dan ketabahan Rasul Ulul Azmi.
·        Bersikap sungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas yang diamanatkan pada dirinya sebagaimana kesungguhan Rasul Ulul Azmi.
·        Tidak mempunyai rasa dendam terhadap orang yang berbuat salah kepada kita sebagaimana Rasul Ulul Azmi.
·        Berusaha menegakkan agama Allah sesuai dengan kemampuan.
VI. PENILAIAN


LEMBAR PENILAIAN XIX

No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Sebutkan sifat-sifat Rasul Ulul Azmi ?
·        Orang yang sangat sabar dan tabah menerima segala cobaan.
·        Orang yang ikhlas menajalankan segala perintah Allah SWT.
·        Orang yang tekun, tak kenal menyerah dan putus asa.
·        Orang yang memiliki sifat pemaaf.


Mengetahui,
Sukabumi, Juli 2009
Kepala Madrasah,





E. HANAVIAH, S.Ag.
Guru Mata Pelajaran,





JUJUN JUNAEDI









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar